Survey Kepuasan Masyarakat Penyelenggaraan Pelayanan Publik Direktorat PJLKK

Survey Kepuasan Masyarakat Penyelenggaraan Pelayanan Publik Direktorat PJLKK

21 Feb, 2024

WhatsApp Image 2024-02-09 at 3.40.07 PM.jpeg

Guna mengetahui kualitas layanan Direktorat PJLKK terhadap masyarakat selama tahun 2023, telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik Direktorat PJLKK yaitu layanan pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam. Survey melibatkan 43 responden dengan proporsi 21% adalah responden perempuan dan 97% responden pria, dengan tingkat pendidikan mayoritas S1 diikuti oleh tingkat SLTA, S2 dan DIII. Sedangkan dari sisi usia, usia reponden terbanyak di usia 20-30 thn (34.9%) kemudian 41-50 Thn (30.25, lebih dari 50 thn (20.9%) dan paling sedikit pada rentang usia 31-40 Thn (14%). Sedangkan jika dilihat dari jenis pekerjaan, dari 43 responden sebagian besar bekerja di sektor swasta yaitu 67.4%, sementara 20.9% reponden berwirausaha dan selebihnya atau 7% bekerja di bidang lain.

Hasil survey kualitas pelayanan publik menyatakan bahwa sebanyak 58.1% responden menyatakan sudah sesuai dan selebihnya atau 41.9% sangat sesuai. Ditilik dari kemudahan prosedur layanan, sebanyak 55.8% responden menyatakan mudah, 41.9% sangat mudah dan hanya 2.3% yang menyakan kurang. Sementara itu, terkait dengan kecepatan waktu dalam pelayanan sebagian besar responden menyatakan cepat dan tidak ada responden yang menjawab tidak cepat. Dari sisi tarif/biaya pelayanan publik, sebanyak 69.8% responden menyetujui bahwa tidak ada pengenaan biaya yaitu sebanyak 69.8%, sementara sebanyak 23.3% menyatakan murah dan selebihnya menilai cukup mahal (4.7%). Selanjutnya s58.1% responden menyatakan bahwa layanan sudah sesuai dengan produk pelayanan dan 41.9% menyatakan sangat sesuai.

Untuk survey kompetensi petugas pelayanan dapat disampaikan bahwa sebanyak 53.5% responden menyatakan bahwa petugas pelayanan berkompeten dan 46.5% menyatakan sangat berkompeten. Menurut 62.8% responden, petugas melayani dengan sangat sopan dan selebihnya yaitu 37.2% responden menyatakan petugas cukup sopan. Kemudian terkait penanganan pengaduan, sebagian besar responden atau 88.4% menyatakan bahwa terdapat penanganan pengaduan yang dikelola dengan baik, dan hanya sebagai kecial atau 9.3% menyatakan ada namun berfungsi kurang maksimal/tidak berfungsi. Dari sisi sarpras pelayanan, sebagian responden yaitu 53.5% menyatakan puas dan 46.5% menyatakan sangat puas.

Berdasarkan hasil survey, kualitas pelayanan pada bidang pelayanan perizinan pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam pada tahun 2023, Dit. PJLKK memperoleh survey kepuasan dari masyarakat pengguna layanan sebesar 87,47 termasuk kategori BAIK sesuai Permenpan 14 Tahun 2017.


Penulis : Tri Winarni

Grafis : Firdania, Mahasiswa PKL

Pelaksana Survey : Tim Direktorat PJLKK

Survey yang dilakukan oleh Direktorat PJLKK ini merupakan bentuk komitmen Direktorat untuk mewujudkan Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Posted in Artikel on Feb 21, 2024




Artikel Lainnya


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem

Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi

Jakarta: Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok 1 Lantai 15, Jl. Jend. Gatot Subroto Senayan
Bogor: Jl. Ir. H. Djuanda No.15 Bogor
Phone: Jakarta (021) 5790 3072, Bogor (0251) 8324 013
Email: dit.pjlhk@gmail.com

Copyright 2020 © Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi. All Rights Reserved.