TN/TWA Dengan Follower Instagram Terbanyak

TN/TWA Dengan Follower Instagram Terbanyak

09 Feb, 2024

Hai Conservationmate, tentunya kalian tidak asing dengan media sosial yang satu ini, Instagram yaitu platform media sosial untuk berbagi foto dan video yang sangat populer di Indonesia. Dengan Instagram, pengguna dapat membagikan momen mereka dengan orang lain, serta mengikuti akun orang lain dan melihat apa yang mereka bagikan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur Stories, yang memungkinkan pengguna untuk membagikan momen mereka dalam bentuk video atau foto selama 24 jam. Aplikasi Instagram sangat berguna untuk membagikan momen-momen kehidupan, mengikuti tren terbaru, dan mempromosikan bisnis atau produk.

Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh institusi pemerintah termasuk Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian LHK, sebagai salah satu bentuk layanan informasi kepada publik. Pemanfaatan media sosial oleh pemerintah sebagai sebuah strategi komunikasi yang efektif dalam menyebarkan informasi kepada publik bukanlah sesuatu hal yang baru (Dixon, 2010). Apa manfaat Instagram bagi suatu institusi pemerintah? Diantaranya adalah meningkatnya keterlibatan masyarakat, meningkatkan tranparansi dan akuntabilitas, terciptanya citra positif, meningkatnya keterbukaan dan kolaborasi, serta efektivitas dan efisiensi. Penyampaian informasi yang cepat dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi instansi pemerintahan dalam menyampaikan informasi publik.

Dilansir oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dipaparkan beberapa manfaat media sosial bagi pemerintah, yaitu :

1. Mendorong efisiensi pemerintahan

Penggunaan media sosial dapat menjangkau masyarakat dengan lebih luas dan cepat. Media sosial dengan teknologi Artificial Inteligent (kecerdasan buatan) dapat digunakan untuk membantu proses analisa data.

2. Memulihkan kepercayaan masyarakat yang turun

Di era keterbukaan seperti saat ini, masyarakat banyak mendapatkan informasi dari media sosial seperti whatsapp group atau komunitas di Facebook. Maraknya hoax dapat menimbulkan rasa tidak percaya. Media sosial dapat menjadi solusi karena dapat menjangkau khalayak secara lebih personal dan komunikatif.

3. Menghadapi perkembangan jaman

Instansi Pemerintah saat ini menghadapi tantangan tertentu berupa penghematan anggaran, menuanya staf yang dimiliki, dan birokrasi yang dapat menghalangi kemajuan. Tantangan ini dapat diatasi dengan mempersiapkan perencanaan dapat mengatasi masalah di kemudian hari.

4. Sarana komunikasi di saat krisis dan bencana alam

Seperti saat pandemi, keharusan jaga jarak ketika berinteraksi membuat interaksi lebih banyak dilakukan melalui media sosial. Bagi instansi pemerintah, media sosial harus memainkan peran yang jelas dalam strategi komunikasi krisis.

Berbicara tentang Instagram tidak lepas dari yang namanya Follower atau pengikut suatu akun Instagram. Seberapa banyak follower pada akun-akun Instagram Balai Taman Nasional dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam di Indonesia pada tahun 2023?.

Ini dia data yang telah dirangkum oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi.

gg.png Sumber Data : Direktorat PJLKK 2023

 

Berdasarkan tabel diatas, 10 Balai Taman Nasional yang mempunyai follower terbanyak adalah :

  1. Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

  2. Balai TN Tesso Nilo

  3. Balai TN Gn Ciremai

  4. Balai Besar TN Gn Gede Pangrango

  5. Balai TN Gn Merbabu

  6. Balai TN Gn Rinjani

  7. Balai Besar TN Gn Leuser

  8. Balai TN Gn Merapi

  9. Balai TN Baluran

  10. Balai TN Gn Halimun Salak

 

gra.png Sumber Data : Direktorat PJLKK 2023

 

Selanjutnya, 10 Balai Konservasi Sumber Daya Alam dengan follower terbanyak pada akun instagram adalah :

  1. Balai Besar KSDA Riau dan TN Zamrud

  2. Balai Besar KSDA Jawa Timur

  3. Balai KSDA Sumatera Selatan dan TN Gn Maras

  4. Balai KSDA Sumatera Barat

  5. Balai Besar KSDA Papua

  6. Balai KSDA Kalimantan Tengah

  7. Balai KSDA Aceh

  8. Balai Besar KSDA Jawa Barat

  9. Balai KSDA DKI Jakarta

  10. Balai KSDA Kalimantan Barat

 

Mungkin ada yang bertanya, apa sih manfaat mempunyai banyak follower pada laman Instagram bagi instansi pemerintah? Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menaikkan Branding Diri dan Branding Produk

Followers adalah orang-orang yang mengikuti suatu akun di media sosial Instagram. Semakin banyak orang yang menjadi followers, artinya akun tersebut bisa menebarkan lebih banyak manfaat. Hal ini tentu akan menaikkan branding sebagai institusi.

2.Menaikkan Citra Positif

Dengan follower yang banyak, kepercayaan publik kepada institusi pemerintah terbangun. Hal ini berpengaruh terhadap citra positif institusi tersebut.

3. Meningkatkan Engagement Rate di Instagram

Salah satu manfaat memiliki banyak followers yakni akan meningkatkan engagement rate postingan konten dan akun Instagram. Engagement rate adalah rating interaksi yang dilihat oleh algoritma Instagram. Di dalamnya meliputi jumlah share, like, dan komentar yang menghampiri sebuah postingan konten. Semakin besar followers Anda, maka interaksi yang terjadi akan semakin tinggi pula.

4. Menaikkan Trafik Instagram

Salah satu manfaat memiliki banyak followers yakni akan meningkatkan engagement rate postingan konten dan akun Instagram. Engagement rate adalah rating interaksi yang dilihat oleh algoritma Instagram. Di dalamnya meliputi jumlah share, like, dan komentar yang menghampiri sebuah postingan konten. Semakin besar followers Anda, maka interaksi yang terjadi akan semakin tinggi pula.

5. Menaikkan Trafik Instagram

Layaknya sebuah jalan besar yang dipenuhi banyak mobil, perjalanan akan semakin lama karena lalu lintas yang padat. Permisalan ini juga berlaku pada followers Intagram. Semakin banyak orang yang mengikuti akun, maka trafiknya akan semakin ramai. Trafik yang ramai akan membuat akun terlihat baik karena view meningkat, sehingga peluang konten dilihat banyak orang juga akan semakin besar.

Hingga Januari 2023, Instagram menduduki peringkat kedua sebagai media sosial paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia dengan data yang dapat dilihat pada tabel berikut (Muhtar 2023):

gambar_2024-02-09_125236437.png

Sedangkan secara global, Menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna Instagram global mencapai 1,6 miliar pada Juli 2023. Adapun jumlah pengguna Instagram di Indonesia menjadi yang terbanyak ke-4 di dunia, dengan jumlah sekitar 103,3 juta pengguna.

Nah Conservationmate, udah follow akun-akun Balai Taman Nasional dan Balai KSDA?. Gampang kok cluenya! Nama-nama akun Balai Taman Nasional akan didahului dengan @bbtn atau @btn dan untuk akun Balai KSDA bisa dicari dengan pencarian @bbksda atau @bksda. Mudah bukan?

Penulis : Tri Winarni (PEH Ahli Muda)

Referensi :

Posted in Berita on Feb 09, 2024




Berita Lainnya


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem

Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi

Jakarta: Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok 1 Lantai 15, Jl. Jend. Gatot Subroto Senayan
Bogor: Jl. Ir. H. Djuanda No.15 Bogor
Phone: Jakarta (021) 5790 3072, Bogor (0251) 8324 013
Email: dit.pjlhk@gmail.com

Copyright 2020 © Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi. All Rights Reserved.